Sumber-Sumber pada Masa Kerajaan Singasari dan Raja-Raja yang Memerintah di Kerajaan Singasari

a. Bangunan Candi

Keberadaan Kerajaan Singasari dibuktikan memlalui candi-candi yang banyak ditemukan di Jawa Timur yaitu daerah Singasari sampai Malang, Surabaya. Bangunan candi tersebut antara lain Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singosari dan patung Joko Dolok.

 

b. Kitab Negarakertagama

Kitab sastra peninggalan zaman Majaphit yang berjudul Negarakertagama karangan Mpu Prapanca yang menjelaskan tentang raja-raja yang memerintah di Singosari dan kerajaan Majapahit sampai dengan pemerintahan Hayam Wuruk.

 

c. Kitab Pararaton

Kitab Pararaton menceritakan tentang riwayat Ken Arok yang peuh keajaiban. Kitab Pararaton isinya sebagian besar adalah mitos atau dongeng tetapi dari kitab Pararatonlah asal sul Ken Arok menjadi raja dapat diketahui. Sebelum menjadi raja, Ken Arok berkedudukan sebagai Akuwu (Bupati) di Tumapel menggantikan tunggul Ametung yang dibunuhnya, karena tertarik pada Ken Dedes istri Tunggul Ametung. Kemudian ia berkeinginan melepaskan Tumapel dari kekuasaan kerajaan Kediri yang diperintah oleh Raja Kertajaya. Pada tahun 1222 /1144 Syaka Ken Arok mnyernag Kediri, sehingga Kertajaya mengalami kekalahan pada pertempuran didesa Genter.

Dengan kemenangannya maka Ken Arok dapat menguasai seluruh Krajaan Kediri dan menyatakan dirinya sebagai raja Singosari dengan gelar Sri RajasavAmurwabhuni. Sebagai Raja pertama Singosari maka Ken Arok menandai munculnya Dinasti baru yaitu Dinasti Rajasa atau Dinasti Girindra.

 

Raja-Raja Kerajaan Singosari

 

1. Ken Arok (1222-1227)

 

2. Anusopati (1227-1248)

 

3. Tohjaya (1248)

 

4. Ranggawuni (1248- 1268)

 

5. Kertanegara (1268-1292)

 

Dari kelima raja Singosari tersebut, raja Kertanegaralah yang palaing terkenal, karena dibawah pemerintahan Kertanegara Singosari mencapai pada puncak kebesarannya. Kertanegara bergelar Sri Maharaja Sri Kertanegara mempunyai gagasan politikk untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

 

Aspek Kehidupan Kerajaan Singosari

Singosari banyak meninggalkan bangunan berupa candi yang berhubungan dengan agama yaitu berupa seperti candi Kidal, candi Jago, candi Singosari, dan Patung Joko Dolok yang merupakan perwujudan Kertanegara terletak simpang tiga Surabaya, Jawa Timur.

 

Daftar Pustaka

Notosusanto, Nugroho. Et.al.1984. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: PN Balai Pustaka

Siti Waridah Q, 1997, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Siti Waridah Q, 2002, Sejarah Nasional dan Umum 1, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan indonesia jilid 1-3,Yogyakarta, Kanesius.

Title : Sumber-Sumber pada Masa Kerajaan Singasari dan Raja-Raja yang Memerintah di Kerajaan Singasari
Description : a. Bangunan Candi Keberadaan Kerajaan Singasari dibuktikan memlalui candi-candi yang banyak ditemukan di Jawa Timur yaitu daerah Singasari ...

1 Response to "Sumber-Sumber pada Masa Kerajaan Singasari dan Raja-Raja yang Memerintah di Kerajaan Singasari"

Facebook

Dilindungi