Peninggalan-Peninggalan pada Masa Kerajaan Majapahit (Seni Bangunan, Patung, Sastra)

Kerajaan Majapahit sebagi kerajaan yang besar Kerajaan Majapahit berkembang dengan baik, sehingga memiliki peninggalan berupa seni bangunan, patung, dan karya sastra.

 

a. Seni Bangunan

Antara lain, Pemandian atau petirtaan, gapura yang berbentuk seperti candi Bentar maupun Bajang Ratu, Candi Penataran di Blitar dll.

 

b. Seni Patung

Yaitu seperti patung erwujudan Raden Wijaya sebagai Harihara atau sebagai Syiwa dan Wisnu dalam satu arca, patung Putri Suhita dan patung tribhuwana sebagai Parwati.

 

c. Seni Sastra

1. Kitab Negarakertagama

Kitab ini ditulis pada masa pemerintahan Hayam Wuruk oleh Empu Prapanca. Kitab ini sangat penting untuk mengetahui kerajaan Singasari dari masa pemerintahan Ken Arok.

 

2. Kitab Sutasoma

Kitab ini dikarang oleh Empu Tantular isinya yang menceritakan Sutasoma, putera Raja yang meninggalkan keduniawian dan mendalami agam Budha. Dalam kitab ini terdapat kata “ Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrwa”. Kata Bhineka Tunggal Ika menjadi semboyan persatuan bangsa Indonesia.

 

3. Kitab Arjunawijaya

Kitab ini dikarang oleh Empu Tantular isinya yang menceritakan tentang kisah Raja Arjuna Sasraprabu dan Patih Sumantri melawan Raksasa Rahwana.

 

4. Kitab Pararaton

Kitab ini berisi tentang dongeng dan mitos. Bagian kedua mengisahkan kerajaann Majapahit mulai dari Raden Wijaya, Jayanegara, pemberontakan Ranggalawe dan Sora, perang Bubad, dan daftar raja sesudah Hayam Wuruk.

 

5. Kitab Tantu Panggelaran

Kitab ini menceritakan Batara Guru yang memberi tugas para dewa untuk mengisi

 

6. Kitab Sundayana

Kitab ini menceritakan tentang Perang Bubad antara Majapahit dan kerajaan Pajajaran di lapangan Bubad, sebelah utara kota Majapahit.

 

7. Kitab Paman Canggah

Kitab ini menceritakan tentang para Dewa Agung, Nenek Moyang Raja Kerajaan Gelgel.

 

8. Kitab Usana Bali

Kitab ini menceritakan tentang keganasan raksasa yang bernama Maya Dhanawa, yang mangacau Kerajaan. Dengan berbagai penyamaran, Maya Dhanawa berhasil menghindari serangan Raja Bali dan akhirnya raksasa itu berhasil dibunuh oleh para Dewa.

 

Daftar Pustaka

Notosusanto, Nugroho. Et.al.1984. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: PN Balai Pustaka

Siti Waridah Q, 1997, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Siti Waridah Q, 2002, Sejarah Nasional dan Umum 1, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan indonesia jilid 1-3,Yogyakarta, Kanesius.

Title : Peninggalan-Peninggalan pada Masa Kerajaan Majapahit (Seni Bangunan, Patung, Sastra)
Description : Kerajaan Majapahit sebagi kerajaan yang besar Kerajaan Majapahit berkembang dengan baik, sehingga memiliki peninggalan berupa seni bangunan,...

0 Response to "Peninggalan-Peninggalan pada Masa Kerajaan Majapahit (Seni Bangunan, Patung, Sastra)"

Facebook

Dilindungi