Raja-Raja yang Terkenal dari Kerajaan Kediri

1. Raja Kameswara memerintah tahun (1115-1130 M) mempergunakan lancana Cndrakapala yaitu tengkorak yang bertaring, pada masa pemerintahannya banyak dihasilkan karya-karya sastra, bahkan kiasan hidupnya dikenal dalam Cerita Panji.
 
2. Raja Jayabaya memerintah pada tahun 1130-1160 M) mempergunakan lancana Narasingha yaitu setengah manusia setengah singa, pada masa pemerintahannya Kediri mencapai puncak kebesarannya dan juga banyak dihasilkan karya sastra terutama ramalan yang berjudull Ramalan Jangka Jayabaya, yang berisi tentang ramalan masa depan Indonesia, antara lain ramalan akan datangnya Ratu Adil.
3. Raja Sri Gandra pada tahun 1181. Pemerintahan Raja Sri Gandra terdapat sesuatu yang menarik yaitu untuk pertama kalinya didapatkan orang-orang terkemuka mempergunakan nama-nama binatang sebagai namanya, contoh Kebo Salawah, Manjangan Puguh, Macan Putih, Gajah Kuning, dsb.

4. Raja Kerta Jaya yang memerintah pada tahun 1200-1222. Ia memakai lancana Garudamuda seperti lancana yang dipergunakan oleh Raja Airlangga, sayangnya raja ini kurang bijaksana, sehingga tidak disukai oleh rakyat terutama kaum Brahmana. Itulah yang menyebabkan berakhirnya Kerajaan Kediri, karena kaum Brahmana meminta perlindungan Ken Arok di Tumapel (kelak jadi Kerajaan Singasari) sehingga tahun 1222 Ken Arok berhasil menghancurkan Kediri.
 
Daftar Pustaka
Notosusanto, Nugroho. Et.al.1984. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: PN Balai Pustaka
Siti Waridah Q, 1997, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Yogyakarta, Bumi Aksara.
Siti Waridah Q, 2002, Sejarah Nasional dan Umum 1, Yogyakarta, Bumi Aksara.
Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan indonesia jilid 1-3,Yogyakarta, Kanesius.
Title : Raja-Raja yang Terkenal dari Kerajaan Kediri
Description : 1. Raja Kameswara memerintah tahun (1115-1130 M) mempergunakan lancana Cndrakapala yaitu tengkorak yang bertaring, pada masa pemerintahanny...

2 Responses to "Raja-Raja yang Terkenal dari Kerajaan Kediri"

Facebook

Dilindungi