Sumber Sejarah Sejarah Kerajaan Sriwijaya Serta Kehidupan Politik dan Ekonomi Sriwijaya

Sriwijaya adalah merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara pada waktu itu (abad ke 7-15 M).

 

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya

 

1. Sumber-Sumber Dari Dalam Negeri

Sumber dari dalam negeri berupa Prasasti yang berjumlah 6 buah yang menggunakan bahasa Melayu Kuno dan huruf Pallawa, serta telah menggunakan angka tahun Saka.

 

a. Prasasti Kedukan Bukit di temukan di Kedukan Bukit, di tepi sungai Talang dekat Palembang berangka tahun 605 Syaka atau 683 M. Isi dari Prasasti ini menceritakan tentang perjalanan suci/sidayata yang dilakukan Dapunta Hyang, berangkat dari Muaratamwan dengan membawa tentara sebanyak 20.000 orang, dan dari perjalanannya itu berhasil menaklukkan beberapa daerah.

 

b. Prasasti Talang Tuo ditemukan di sebelah barat kota Palembang berangka tahun 606 Syaka/684M. Prasasti ini berisi tentang pembuatan Taman Sriksetra untuk kemakmuran semua makhluk dan terdapat doa-doa yang bersifat Budha Mahayana.

 

 

c. Prasasti Telaga Batu di temukan di Telaga Batu dekat Palembang berangka tahun 683 M.

 

d. Prasasti Kota Kapur ditemukan di Kota Kapur (di Pulau Bangka) berangka tahun 608 Syaka/686M.

 

e. Prasasti Karang Berahi ditemukan di Jambi, tidak memiliki berangka tahun.

 

f. Prasasti Palas Pasemah ditemukan di Lampung Selatan, tidak memiliki berangka tahun.

 

2. Sumber-Sumber Dari Luar Negeri

a. Prasasti Ligor ditemukan di Semenanjung Melayu berangka tahun 775M yang menjelaskan tentang pendirian sebuah pangkalan di Semenanjung Melayu, daerah Ligor.

 

b. Prasasti Nalanda ditemukan di India di kota Nalanda yang berasal dari abad ke 9 M. Prasasti tersebut menjelaskan pendirian Wihara oleh Balaputradewa raja Sriwijaya.

 

3. Sumber Berita Asing

a. Berita Cina

- Catatan perjalanan I-Tsing seorang pendeta Cina yang sering datang ke Sriwijaya sejak tahun 672 M, yang menceritakan bahwa di Sriwijaya terdapat 1000 orang pendeta yang menguasai agama seperti di India.

- Berita dari dinasti Sung yang menceritakan tentang pengiriman utusan dari Sriwijaya tahun 971-992M.

 

b. Berita Arab, Sriwijaya disebut dengan Zabag/Zabay atau dengan sebutan Sribuza. Dari berita-berita Arab dijelaskan tentang kekuasaan dan kebesaran serta kekayaan Sriwijaya.

 

v Kehidupan Politik

wilayah kekuasaan Sriwijaya meliputi daerah Lampung, Abngka, dan Logor (daerah strategis untuk perdagangan). Dengan demikian Sriwijaya bukan lagi sebagai negara senusa atau satu pulau, tetapi sudah merupakan negara antar nusa karena penguasaannya atas beberapa pulau. Bahkan ada yang berpendapat Sriwijaya adalah negara kesatuan pertama. Karena kekuasaannya luas dan berperan sebagai negara bbesar di Asia Tenggara.

 

v Kehidupan Ekonomi

Kerajaan Sriwijaya memiliki letak yang strategis di jalur pelayaran dan perdagangan Internasional Asia Tenggara. Dengan letak yang strategis tersebut maka Sriwijaya berkembang menjadi pusat perdagangan dan menjadi pelabuahn Transito sehingga dapat menimbun barang dari dalam maupun luar. Dengan demikian kedudukan Sriwijaya dalam perdagangan internasional sangat baik. Pada masanya Sriwijaya memiliki armada laut yang kuat yang mampu menjamin kaeamanan di kjalur-jalur pelayaran yang menuju Sriwijaya, sehingga banyak pedagang dari luar yang singgah yang berdagang di wilayah kekuasaan Sriwijaya tersebut.

Faktor lain yang menyebabkan Sriwijaya menjadi kerajaan besar adalah kehidupan sosial masyarakatnya meningkat dengan pesat terutama dalam bidang pendidikan dan hasilnya Sriwijaya terbukti menjadi pusat pendidikan dan penyebaran agama Budha di Asia Tenggara.

Di samping itu juga pemuda-pemuda Sriwijaya juga mempelajari agama Budha dan ilmu lainnya di India, hal ini tertera dalam prasasti dalam prasasti Nalanda.. dari prasasti ini diketahui pula raja Sriwijaya yaitu Balaputra mempunyai hubungan erat dengan Dewa Paladewa (India). Raja ini memberi sebidang tanah untuk asrama pelajar dari Sriwijaya. Sebagai penganut agama yang taat maka raja Sriwijaya juga mmemperhatikan kelestaria lingkungannya dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran rakyatnya. Dengan demikian kehidupan ekonomi dan sosiall masyarakat Sriwijaya sangat baik dan makmur, dalam hal ini tentunya juga diikuti oleh kemajuan dalam bidang kebudayaan. Kemajuan dalam bidang budaya sampai sekarang dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan suci seperti Stupa, candi atau patung/arca Budha seperti yang ditemukan di Jambi, Muaratakus, dan Gunung Tua (Padang Lawas) serta di Bukit Siguntang (Palembang).

 

Daftar Pustaka

Notosusanto, Nugroho. Et.al.1984. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: PN Balai Pustaka

Siti Waridah Q, 1997, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Siti Waridah Q, 2002, Sejarah Nasional dan Umum 1, Yogyakarta, Bumi Aksara.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan indonesia jilid 1-3,Yogyakarta, Kanesius.

Title : Sumber Sejarah Sejarah Kerajaan Sriwijaya Serta Kehidupan Politik dan Ekonomi Sriwijaya
Description : Sriwijaya adalah merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara pada waktu itu (abad ke 7-15 M).   Su...

8 Responses to "Sumber Sejarah Sejarah Kerajaan Sriwijaya Serta Kehidupan Politik dan Ekonomi Sriwijaya"

Facebook

Dilindungi