Contoh Resume Pemberontakan-Pemberontakan Petani Banten

Pemberontakan-Pemberontakan Petani Banten

Pemberontakan petani di Banten pada tahun 1888 merupakan pemberontakan yang besar, yang menjadi pergolakan sosial yang menonjol di Jawa abab XIX. Pemimpin-pemimpinnya merupakan satu golongan elite, yang mengembangkan dan menyebarkan ramalan-ramalan dan visi sejarah yang sudah turun-temurun mengenai akan datangnya Ratu Adil atau Mahdi. Sedangkan anggota gerakan itu terdiri dari petani. Disini guru agama atau pemimpin mistik memainkan peranan utama dalam hampir semua pemberontakan besar. 


Agraris merupakan perekonomian yang utama di Banten, dimana penduduknya secara merata adalah petani dan penanam padi, entah sebagai pemilik maupun sebagai penggarap sawah bagi hasil. Namun ada juga penduduk desa yang mencari nafkah sebagai pedagang, nelayan atau tukang, atau sebagai pengusaha industri. Dalam masyarakat agraris, tanah merupakan sumber kekayaan dan produksi yang utama, dan karena itu pemiliknya memiliki prestise yang tinggi, sehingga klasifikasi penduduk desa yang tradisional didasarkan atas pemilikan tanah.


Tidaklah benar bahwa kaum petani tidak memainkan peranan apa-apa dalam sejarah Indonesia, mereka bersikap masa bodoh, selalu penurut, pasrah terhadap nasib. Dalam masyarakat agraris, tanah merupakan sumber kekayaan dan produksi yang utama, dan karena itu pemiliknya memiliki prestise yang tinggi, sehingga klasifikasi penduduk desa yang tradisional didasarkan atas pemilikan tanah.


Sistem hak atas tanah di Banten abad XIX berasal dari zaman kesultanan, meskipun telah mengalami banyak perubahan sebagai akibat masuknya administrasi kolonial. Pada bagian akhir tahun enam puluhan , masalah yang menyangkut kepemilikan tanah dan sewa tanah bersumber pada hadiah-hadiah tanah yang diberikan kepada lembaga-lembaga keagamaan, yang tanah-tanah miliknya terutama terletak di daerah inti kesultanan yang lama.
Title : Contoh Resume Pemberontakan-Pemberontakan Petani Banten
Description : Pemberontakan-Pemberontakan Petani Banten Pemberontakan petani di Banten pada tahun 1888 merupakan pemberontakan yang besar, yang menja...

0 Response to "Contoh Resume Pemberontakan-Pemberontakan Petani Banten"

Facebook

Dilindungi